Penyakit Maag Menurut Para Ahli

Penyakit Maag Menurut Para Ahli – Dalam dunia medis penyakit maag dikenal dengan istilah gastritis, dimana salah satu gangguan kesehatan yang terjadi pada organ lambung manusia dengan memberikan gejala sakit pada ulu hati.

Penyakit Maag Menurut Para Ahli

Penyakit Maag Menurut Para Ahli Kesehatan

Ada beberapa hasil penilitian yang dilakukan oleh para ahli tentang penyakit maag ini, diantaranya oleh :

Dokter Prof. Dr. Marcellus Simadibrata PhD SpPD yang sekarang menjabat sebagai Presiden Perkumpulan Gastroenterologi Indonesia (PGI) mengatakan, ” sakit maag adalah salah satu istilah umum terhadap sindrom dispepsia. Dimana sindrom dispepsia yaitu kumpukan berbagai gejala dari penyakit yang menyerang pada sistem pencernaan yang terdiri dari sakit pada ulu hati dan timbulnya rasa ketidaknyamanan dalam sekitar ulu hati tersebut.

Ketidaknyamanan pada ulu hati ini terkadang disertai dengan perut kembung, mengalami mual dan ingin muntah, nafsu makan yang menurun, hingga perut mudah merasa kenyang dan bersendawa. Tidak sedikiti juga yang mengalami detak jantung yang berdebar dan wajah tampak pucat.

Penyakit maag ini apabila tidak dilakukan tindakan pengobatan yang tepat akan mengakibatkan gejala yang semakin parah dan memicu terjadinya tukak lambung hingga kanker lambung. Dimana gejala yang ditimbulkan akan lebih parah seperti mual dan muntah-muntah yang hebat, tinja berwarna gelap serta bercampur dengan darah, penurunan berat badan yang drastis serta mengalami syok akibat dari pendarahan yang dialami.

Presiden Perkumpulan Gastroenterologi Indonesia (PGI) juga mengatakan bahwa penyakit maag ini dapat disembuhkan, tentunya dengan pemberian obat maag yang tepat dengan dibarengi menjaga pola dan gaya hidup yang sehat. Makanan bergizi menjadikan asupan yang penting untuk menjaga sistem pencernaan tidak teriritasi dan membantu merangsang lambung serta mengoptimalkan kinerja usus 12 jari (duodenum).

Bagi penderita maag yang masih dalam tingkat awal, mengonsumsi makanan yang memiliki tekstur lunak seperti bubur akan membantu dalam tahap penyembuhan, setelah sakit yang dirasa mulai membaik bisa dilanjutkan dengan mengonsumsi makanan padat seperti nasi.

U.S National Library of Medicine memberikan penjelasan tentang beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab terjadinya penyakit maag, diantaranya :

  • Memiliki gaya hidup yang buruk, seperti sering merokok dan meminum minuman beralkohol
  • Buruknya kondisi pada lapisan dalam perut
  • Efek dari obat-obatan kimia, seperti aspirin
  • Kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji dan makanan berbahan pengawet
  • Peningkatkan dalam kandungan asam dalam perut

Selain dari penyebab diatas, penyakit maag juga dapat dipicu dari beberapa faktor seperti stres, sering meminum kopi dalam jumlah berlebihan, serta kurangnya waktu tidur.

Menurut penulis buku In Dropping Acid : The Reflux Diet Cookbook & Cure yang bernama Jamie Koufman, MD, dan Jordan Stern, MD,  berpendapat bahwa jenis makanan yang memiliki potensi yang tinggi dalam peningkatan asam lambung justru banyak terdapat dalam menu harian biasa kita konsumsi. Inilah 7 jenis makanan yang disarankan oleh kedua ahli Otolaryngology dari New York tersebut untuk dikurangi konsumsinya jika tidak ingin penyakit maag kambuh lagi :

  1. Cokelat
  2. Minuman Berkarbonasi
  3. Makanan yang pengelohannya di goreng
  4. Minuman berkafein
  5. Daging berlemak tinggi
  6. Olahan susu yang kaya akan lemak
  7. Minuman beralkohol

Itulah ulasan mengenai Penyakit Maag Menurut Para Ahli yang bisa kami informasikan kepada anda semua. Semoga artikel ini memberikan manfaat, terutama bagi penderita penyakit maag agar tidak dapat segera sembuh dari sakit maag yang dialami.  Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *