Tips Mencegah Maag Saat Puasa

Bagi anda yang hendak akan menjalani ibadah puasa dan menderita sakit maag, kini kami akan memberikan informasi mengenai tips mencegah maag saat puasa yang bisa anda lakukan untuk meminimalisir sakit pada lambung tersebut. Maka dari itu simak dengan baik-baik ulasan dibawah ini :

Sakit Maag Saat Puasa

Tips Mencegah Maag Saat Puasa

Bagi sebagian orang yang menderita sakit maag mungkin akan merasakan hal yang sulit ketika menjalani ibadah puasa. Namun bukan berarti tidak ada cara untuk mencegahnya. Padatnya aktivitas menjadi faktor utama kambuhnya sakit maag ini, sering kali penderita selalu lupa untuk mengatur pola maka serta masih saja melakukan kebiasaan buruk, seperti : merokok, mengonsumsi kopi secara berlebih hingga sering mengalami stres. Hal-hal tersebut seharusnya harus dihindari, apabila sakit maag tidak ingin kambuh, terutama ketika menjalani ibadah puasa.

Pada dasarnya penderita sakit maag ini dapat tergolong menjadi dua, ada yang menganjurkan dan tidak dianjurkan. Kondisi dipengaruhi oleh kondisi sakit maag yang dialami, apabila penyakit maag yang dialaminya masih tergolong parah seperti lambung suda mengalami luka hingga kanker lambung, maka penderita tidak disarankan untuk menjalani puasa dan dapat dilakukan setelah penyakit yang diderita sudah dalam kondisi yang baik dan memungkinkan untuk menjalani ibadah puasa.

Tips Mencegah Terjadinya Sakit Maag Saat Puasa

Berikut ini beberapa tips mencegah terjadinya sakit maag saat puasa, diantaranya :

  • Jangan lewatkan Sahur dan Menyegerakan Berbuka

Seperti anjuran dan sunnah rosul kepada kita yang akan menjalani ibadah puasa yaitu Jangan lewatkan Sahur dan Menyegerakan Berbuka. Hal ini tentunya sangat penting bagi kita, terutama bagi yang memiliki riwayak sakit maag. Makan sahur sangat penting sebagai energi untuk menjalani setiap aktivitas dan akan menurunkan kadar asam dalam lambung, sedangkan menyegerakan berbuka ini akan melepas dahaga ketika kita telah menjalani aktivitas seharian. Pada saat kotoran dan racun terdapat di dalam tubuh maka akan dikeluarkan secara bersamaan dengan urin atau air seni.

baca juga : http://obatmaagcair.com/cara-menghilangkan-rasa-asam-di-mulut-akibat-sakit-maag/

  • Usahakan Tidak Tidur Setelah Sahur

Ketika sudah menyantap sahur sangat dianjurkan untuk tidak tidur kembali, terutama bagi penderita sakit maag. Dengan melakukan aktivitas setelah sahur akan membantu merangsang hormon ketekolamin yang membuat kadar gula dalam tubuh tetap dalam keadaan normal. Kondisi ini akan membuat kinerja lambung menjadi ringan sehingga lemak dan gula dapat dengan mudah dicerna secara optimal dan menjadikan cadangan energi dalam tubuh. Pada situasi ini juga membuat pengeluaran asam lambung juga dapat ditekan sehingga tercegah dari penyakit maag, bahkan gejala maag akan berangsur sembuh.

  • Memperbanyak Mengonsumsi Buah dan Sayur

Pentingnya mengonsumsi buah dan sayur akan menghindarkan diri akan terjadinya sakit maag kambuh kembali. Terutama pada saat sahur dan berbuka puasa, memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur sangat baik, terlebihnya asupan ini sangat mudah dicerna lambung serta kandungan mineral alaminya mampu mengontrol kadar asam lambung.

  • Jauhkan Diri Dari Stres

Stres memang salah satu faktor yang dapat menyebabkan sakit maag kambuh. Hal ini disebabkan ketika seseorang mengalami atau dalam kondisi stres akan merangsang hormon yang dapat mempengaruhi pada sekresi asam lambung. Untuk itu menjauhkan diri dari stres akan membantu anda dari tercegah dari sakit maag, dan usahakan dalam memecahkan masalah dalam kondisi yang tenang serta tidak terburu-buru.

Demikian Tips Mencegah Maag Saat Puasa yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Semoga saja ulasan ini yang menjadi bahan referensi kita untuk dapat beribadah puasa dengan kondisi yang tenang tanpa khawatir ancaman dari penyakit maag.

(sumber : www.obatmaagcair.com )

| Tips Mencegah Maag Saat Puasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *